
Dalam rangka mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG), sebuah pertemuan diadakan untuk mendiskusikan peran pendidikan dalam mewujudkan target-target SDG. Diskusi ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Fokus utama pertemuan ini adalah membahas klasifikasi Top 10 Mitra yang berkontribusi dalam pengembangan dan implementasi program berbasis SDG, tahapan hilirisasi produk inovasi, dan lainnya.
Salah satu aspek utama dalam diskusi ini adalah mengidentifikasi sepuluh mitra terbaik yang secara aktif berkontribusi dalam pendidikan dan inovasi berbasis SDG. Klasifikasi ini didasarkan pada kriteria seperti dampak terhadap masyarakat, keberlanjutan program, serta efektivitas dalam mencapai indikator SDG. Mitra yang masuk dalam kategori ini berasal dari berbagai sektor, mulai dari universitas, perusahaan teknologi, lembaga penelitian, hingga organisasi internasional yang memiliki komitmen kuat dalam pengembangan solusi berkelanjutan.
Selain itu, pertemuan ini juga menyoroti tahapan hilirisasi produk inovasi yang berorientasi pada SDG. Tahapan ini dimulai dari tahapan inventarisasi daftar produk inovasi UGM hingga pada final nya yaitu hilirisasi produk flagship. Para peserta membahas berbagai tantangan dalam proses hilirisasi, seperti keterbatasan pendanaan, regulasi, serta adopsi teknologi oleh masyarakat. Untuk mengatasi hambatan tersebut, kolaborasi dengan mitra strategis dan dukungan kebijakan menjadi faktor kunci dalam mempercepat hilirisasi inovasi yang berkontribusi pada pencapaian SDG.
Departemen Tanah Fakultas Pertanian UGM sebagai lembaga pendidikan tinggi bertujuan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas sesuai bagian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) Nomor 4: Pendidikan Berkualitas.
Penulis : Adam Rosdewanto
Editor: Tantriani